Total Pageviews

  • Latest News

    Wednesday, May 27, 2015

    Sejarah Dan Filosofi Logo SMAN 5 Lhokseumawe





    SMA   Negeri 5 Lhokseumawe merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah mengah atas yang ada di wilayah Pemerintahan Kota Lhokseumawe. 
    Sekolah yang beralamat Jl. Simpang Buloh Km 0,3 Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe atau yang sering di kenal dengan  sebutan Simpang buloh. Di sekolah yang berdiri sejak  tahun 2003 ini banyak menghasilkan  segudang prestasi yang mengharumkan nama baik Kota Lhokseumawe di tingkat Kota / Kabupaten maupun tingkat Provinsi bahkan tingkat nasional. Mungkin banyak yang bertanya Tanya apa arti dari sebuah simbol SMA N 5 Lhokseumawe ini.
    Simbol  SMA Negeri 5 Lhokseumawe ini  pertama kali di desain oleh  seorang guru seni rupa jebolan Jogja  yaitu Bapak Al Muzalir, S.Pd.  “Al muzalir “ mengatakan bahwa pertama kali muncul ide untuk mendesain logo khusus yang  memiliki ciri khas SMA Negeri 5 Lhokseumawe terinspirasi dari sekolah-sekolah lain yang  telah memiliki  simbol khusus sebagai simbol sekolahnya, dan beliau mengusulkan ide cemerlang tersebut  kepada kepala sekolah yang saat itu di jabat oleh Drs. Muhammad Ali. Dan diberi wewenang khusus untuk mendesain sebuah logo khusus.  sebagai cikal bakal simbol sekolah SMAN 5 lhokseumawe yang di gunakan oleh siswa / siswi SMA Negeri 5 Lhokseumawe .
    Simbol ini pertama kali di gunakan oleh siswa SMA Negeri 5 Lhokseumawe pada Tahun Pelajaran  2013 / 2014 hingga sampai dengan sekarang simbol tersebut masih digunakan sebagai ciri khas sekolah SMA Negeri 5 Lhokseumawe.

    Makna Dan Arti Logo Sma 5 Lhokseumawe:
    ·         PERISAI  
                  Perisai adalah tameng yang telah lama dikenal dalam kebudayaan dan peradaban Indonesia sebagai bagian senjata yang melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.

    ·         KUBAH MESJID
    Kubah mesjid adalah salah satu hasil akulturasi masyarakat Muslim  bedasarkan dengan nilai-nilai Islam yang mereka anut  yang sesuai dengan Syariat Islam di ACEH

    ·         RENCONG
    Adalah senjata tradisional dari aceh. Rencong merupakan simbol identitas diri, keberanian, dan ketanguhan masyarakat  Aceh dan juga merupaka simbol  sejarah,adat dan budaya aceh.

    ·         API
    Api melambangkan semangat dalam menuntut ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat.

    ·         PENA  DAN  BUKU
    Pena dan buku Melambangkan keilmuan, terletak pada bagian tengah logo melambangkan inti dari institusi pendidikan.
    Makna yang terkandung didalamnya adalah SMAN 5 Lhokseumawe mengedepankan ilmu pengetahuan sebagai tujuan utama pendidikan serta menjadikan sekolah sebagai tempat menimba ilmu pendidikan.

    ·         TANGGA
    Tangga adalah proses dalam meraih kesuksesan .

    ·         PADI
    lambang padi adalah menunjukan  untuk mencapai cita-cita kesejahteraan hidup yang diawali dengan pendidikan dan filosofi padi semakin berisi maka akan semakin merunduk dalam artian tidak sombong.

    ·         KAPAS
    Kapas mengandung makna bahwa setiap  kebutuhan  masyarakat terkait dengan Sandang juga diperoleh dengan pendidikan

    ·         BINTANG  
    Bintang melambangkan Iman dan Taqwa,  dan melambangbkan Rukun Islam.­­­








    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. Semoga lulusan SMAN 5 Lsm mampu menjawab tantangan jaman dengan ilmu yang didapat 👍🏻👍🏻👍🏻

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Sejarah Dan Filosofi Logo SMAN 5 Lhokseumawe Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top