Total Pageviews

  • Latest News

    Friday, July 10, 2015

    Generasi Muda Jangan Lupakan Sejarah Jejak Islam Di Serambi Mekkah





    Memang benar. Kerajaan Aceh hanya tinggal dalam catatan sejarah. Namun Aceh saat ini tetaplah Aceh yang pernah berjaya dalam bendera Kesultanan Aceh. Berbicara Aceh saat ini, maka tidak bisa dilepaskan dengan sejarah Aceh dulunya. Karena itu menggali, menelusuri dan melestarikan sejarah dan budaya Aceh adalah hal yang harus menjadi pemikiran utama dalam membangun dan Aceh masa depan untuk kembali menjadi sebuah kawasan yang berbudaya dan berperadaban.

    Bukti sejarah peradaban di aceh yang  wajib di lestarikan oleh generasi muda
    #Komplek pemakaman Kesulthanan Darul Kamal (Meurah Dua).
    Gampong Ulee Lueng kec. Darul Imarah Aceh Besar.



              Sejarah adalah ilmu yang penting, tanpa sejarah kita menjalani kehidupan dengan buta. Dengan sejarah kita bisa berguru pada tokoh h  ebat yang hidup dimasa lampau.  Maka dari itu marilah kita jaga dan rawat peninggalan sejarah yang masih ada, sebagai tanda bahwa kita adalah genrasi yang menghargai jasa jasa  endatu, bukan menjadi genarasi yg durhaka . Untuk saat ini  sungguh sangat kita sayangkan banyak nisan nisan yang bersejerah kini hanya menjadi suatu benda yang tidak berharga,  namun jika semua generasi mau mempedulikan sejarah bangsanya terdahulu tentunya  nisan nisan ini bisa di kaji kembali sejarahnya dan bisa dijadikan suatu pariwisata intlektual dan dapat mengangkat martabat bangsa aceh yang mempedulikan sejarah bangsanya bukankah bangsa yang besar itu bangsa yang menghargai sejarah. Kita lihat fenomena saat ini banyak generasi muda yyang tidak mau tau tentang sejarah nisan nisan yang terukir indah nan bermakna ini alangkah sangat sangat disayangkan suatu nilai yang sangat bersejarah dilupakan begitu saja.
    Generasi muda harus  dapat mecari kembali jati diri bangsanya yang bermartabat dengan menggali kembali sejarah sejarah terdahulu dan mengabadikanya dalam sebuah tulisan karna jika tidak kita sendiri yang melestarikan sejarah bangsa kita sendiri tentunya lambat laun indentitas sejarah bangsa kita kan pudar ditelan masa dan generasi kedepan akan hilang indentitas sejarah bangsanya sendiri.oleh karena itu kita sangat berharap banyak generasi muda maupun tokoh tokoh intlektual  muda aceh peduli akan sejarah dan besar harapan kemajuan bangsa ini di tangan generasi muda dan dengan menerapkan nilai nilai sejarah tentunya dapat membawa aceh kembali bermartabat di mata dunia dan apa yang dilakukan hari ini tentunya akan menjadi suatu sejarah dimasa yang akan datang dan dengan keingngintahuan tentang sejarah bagi generasi muda dapat membawa sejarah peradaban islam di bumi sejarah menjadi salah satu omset pariwisata sejarah islam di asia tenggara.
    Dan besar harapan untuk generasi aceh kedepan untuk tetap dapat menikmati lembaran sejarah pihak pemerintah agar dapat membangun suatu sarana dan prasarana gedung budaya yang mana di gedung tersebut dapat menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan menyelamatkan cagar budaya yang saat ini jauh dari perhatian pemerintah kedepan pemerintah dapat memperhatikan bingkai bingkai sejarah yang masih tersimpan dii bumi serambi mekkah sebagai bukti peradaban islam terdahulu di asia tenggara,  sejarah bukanlah suatu kejadian masa lalu yang harus dilupakan  sejarah melainkan suatu pelajaran kehidupan di masa yang akan datang.


    peneliti sejarah kebudayaan islam yang filsuf,Taqiyudin Muhammad Lc, membaca pahatan kaligrafi di nisan nisan yang berada di kumpulan makam meurah II, Ulee Tuy, Mata Ie, Aceh Besar



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Generasi Muda Jangan Lupakan Sejarah Jejak Islam Di Serambi Mekkah Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top